Geliat Penulisan Artikel Hasil Penelitian Dosen Pendidikan Bahasa dan Seni

Bertempat di ruang Rapat FKIP, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang digawangi oleh ketua panitia, Nur Sehang, S.Pd., M.Ed. menyelenggarakan lokakarya penulisan artikel hasil penelitian. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 26 dan 27 Agustus 2020. Dalam kegiatan ini, panitia menggandeng dua narasumber internal yang memiliki reputasi penelitian handal dan pengalaman publikasi artikel pada jurnal bereputasi Scopus dan SINTA. Narasumber pertama adalah Nur Edy, SP.MP.,Ph.D. Ia berprofesi sebagai dosen Fakulatas Pertanian Universitas Tadulako. Narasumber kedua adalah Dr. Siti Rahmaati,S.Pd.,M.PKim, dosen program studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Tadulako.

Dalam paparannya pada materi  yang berjudul “Menulis Jurnal Ilmiah untuk Publikasi Bereputasi Terindex Sinta dan Scopus” Nur Edy mengungkapkan bahwa untuk dapat menembus jurnal yang terindex ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Tips tersebut adalah (1) perbarui keilmuan, (2) ramulah riset mengikuti struktur jurnal internasional, (3) gunakan fasilitas dan peralatan dasar yang dibutuhkan, (4) gunakan mesin pencari referensi, (5) gunakan manajer referensi, (6) buat catatan & “bookmark”, dan (7) mulailah menulis. Sementara itu, Dr. Siti Rahmawati, S.Pd, M.Kim yang dihadirkan pada hari kedua bertugas untuk mendampingi peserta dalam menyusun artikel agar siap untuk dipublikasikan pada jurnal bereputasi.

Kegiatan yang diikuti oleh dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Tadulako dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP, Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd., M.Si. “Kegiatan ini merupakan program rutin bagi dosen agar semakin produktif dalam menghasilkan artikel yang bahannya telah tersedia dari hasil penelitian.”, demikian pungkas Dr. Hj. Sriati Usman, M.Hum. sebagai ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni.

(IN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *