KULIAH UMUM PBSI DENGAN TEMA”Mengenal dan Memahami Cyber Sastra”

Palu, (31/8/2024) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Untad mengadakan Kuliah Umum yang berlangsung pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 08.00-13.30 wita di Gedung Serbaguna 1 FKIP Untad ruang rapat senat. Kegiatan ini, merupakan agenda tahunan PBSI. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen PBSI, mahasiswa baru PBSI yang berjumlah 199 orang serta mahasiswa yang tergabung dalam organisasi LENSA, IKAMABASTRA, dan SANGGAR SENI BAHANA.

Kuliah umum dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Bapak Dr. Agustan, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar mahasiswa mengikuti acara ini dengan tertib, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan mereka. “Kalian telah resmi menjadi mahasiswa, setelah melalui serangkaian tes. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan buatlah orang tua kalian bangga” pesan beliau diakhir sambutannya.

Kuliah Umum pada sesi pertama disampaikan oleh Ibu Dr. Juniati, S.Pd., M.Pd. dengan materinya “Kesantunan Berbahasa Di Era Digital”. “Kesantunan dalam dunia kampus sangat dibutuhkan, khususnya dalam hal berpakaian, berperilaku, dan berbahasa. Kesantunan berbahasa seseorang mencerminkan sikap kepribadiannya. Kesantunan mencerminkan rasa hormat, empati, dan kepedulian terhadap orang lain sehingga tercipta lingkungan yang nyaman dan positif.” pesan beliau diakhir materinya.

Setelah pemaparan materi oleh ibu Juniati, dilanjutkan oleh narasumber kedua, Bapak Dr. H. Gazali Lemba, M.Pd. dengan materi “Cyber dalam Dunia Sastra”. “Dunia sastra sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Genre sastra puisi, prosa, dan drama sering kita jumpai di dalam sosial media. Cyber sastra merupakan karya sastra yang dibuat, didistribusikan, dan dikonsumsikan menggunakan media internet atau teknologi.” jelas beliau.

Narasumber ketiga Ibu Dr. Sitti Harisah, M.Pd. dengan materi “Pembelajaran di Era Digital”. Pembelajaran digital merupakan pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan teknologi. Dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer, laptop, tablet, atau ponsel pintar mahasiswa dapat mengakses dan menjelajahi konten multimedia, video pembelajaran, buku digital, dan sumber belajar interaktif lainnya.

Setelah ketiga narasumber memaparkan materinya, dilanjutkan dengan kegiatan tanya-jawab. Sebagai wujud apresiasi kepada mahasiswa yang aktif terlibat dalam Kuliah Umum ini, diakhir kegiatan Bapak Dr. H. Gazali, M.Pd. memberikan cenderamata kepada beberapa orang mahasiswa. (JU)